Ketika Soekarno Berziarah ke Makam Rasulullah


Kisah ini pernah diceritakan oleh Al Habib Abu Bakar bin Hasan Al Atthos Azzabidi. Beliau adalah seorang ulama yang rendah hati dan ikhlas dalam membagi ilmunya di setiap majelis di masanya.
Saat masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Soekarno pernah berkunjung ke Arab Saudi. Di dalam kunjungannya, Bung Karno dan Raja Saudi saat itu berjalan di kota Madinah. Bung Karno lalu bertanya kepada Raja Saudi, “Dimana makam Rasulullah SAW berada?”
Raja Saudi menjawab, “Makam Rasulullah SAW sudah terlihat dari sini.” Karena tanda-tanda keberadaan Masjid Nabawi sudah terlihat dari kejauhan.
Saat itu pula, Bung Karno melepaskan semua atribut-atribut dan pangkat kenegaraan yang digunakan. Kemudian Raja Saudi yang mendampinginya terheran-heran dan bertanya-tanya kepada Bung Karno, “Mengapa anda melepaskan itu semua?”
Bung Karno dengan tenang menjawab, “Yang ada di sana itu adalah Rasulullah SAW. Beliau memiliki pangkat yang jauh lebih tinggi dari kita, aku, dan dirimu.”
Lantas Bung Karno lalu berjalan merangkak hingga ke makam baginda Nabiyullah Muhammad SAW.
Cerita ini kembali diceritakan oleh seorang Sayyid pencipta lagu nasional, seperti Hari Merdeka, Hymne Guru, Syukur, dan beberapa lagu lainnya. Beliau adalah Sayyid Husein Muthahar yang ikut bersama Bung Karno berkunjung ke Arab Saudi pada waktu itu.
Begitulah Soekarno, tidak akan pernah habis nama beliau untuk diperbincangkan. Baik berbicara Soekarno dari sisi pribadinya hingga pemikirannya. Dan hari ini makam beliau juga tidak pernah sepi dari peziarah, banyak yang menghormati beliau. Sama halnya beliau yang hormat kepada Rasulullah S.A.W.
Sumber : metroislam
Redaksi Marhaenis Lokajaya
GmnI UIN Sunan Kalijaga

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel