Soal Kasus Kucing Keracunan: Jual Berita, Cepat Viral, Minim Klarifikasi

Klarifikasi Azzam di laman Youtube
Postingan IG @azzam_cancel mendadak viral di dunia maya, bahkan Tranding Topik di Twitter. Seperti biasa, penyebaran berita tersebut tidak diklarifikasi terlebih dahulu, sehingga dianulir merugikan berbagai pihak, termasuk Organ Ekstra Kampus (PMII/GMNI).

Azzam dalam klarifikasinya di Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=-cwgXNHWEr4) menyatakan bahwa Caption "Percobaan CIU" di IG nya tidak sesuai dengan kenyataan. Padahal sebenarnya Azzam tidak benar-benar memberikan CIU kepada kucing tersebut, melainkan air kelapa. Karena Azzam melihat kucing tersebut keracunan dan bergetar, setelah kucing tersebut memakan seekor tikur yang telah mati keracunan Racun Tikus. Racun tikus tersebut menjalar ke badan kucing, sehingga kucing pun ikut keracunan. Azzam dalam hal ini bermaksud menolong kucing dengan air kelapa, sialnya dia pasang caption "Percobaan CIU".

Netizen pada umumnya lebih mengutamakan emosi dari pada klarifikasi, sehingga sepanjang apapun penjelasan Pelaku pasti dibantah habis-habisan. Hal itu wajar karena sosial media berbeda dengan sosial nyata. Sosial media selalu dirasa bebas sebebas-bebasnya, sementara sosial nyata syarat dengan Klarifikasi langsung. 

Dengan demikian, orang Indonesia perlu kembali belajar Pengetahuan dan Teknologi, agar nalar berpikir tidak dikendalikan oleh ego sendiri. Sehingga tidak mudah menyalahkan siapapun, apalagi menghakimi orang lain tanpa Klarifikasi.[] (Ali Munir S.)

0 Response to "Soal Kasus Kucing Keracunan: Jual Berita, Cepat Viral, Minim Klarifikasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel